Laman

Rabu, 27 Mei 2015

Pilih Distro Linux untuk Mahasiswa IT (Informatika)

Halo kawan pembaca. Kali ini kita akan ngobrol-ngobrol pilihan tepat distro Linux yang paling cocok untuk para mahasiswa IT yang mau pakai pure Opensource Linux OS. Di kalangan anak-anak IT sekarang pakai Linux merupakan nilai kekerenan tersendiri, kayak penulis yang keren ini (modus).

Langsung saja penulis paparkan distro linux yang layak dipakai mahasiswa informatika.

Menurut penulis, kita-kita mahasiswa informatika yang mau pakai linux baiknya menggunakan distro Ubuntu server LTS. Kenapa begitu?, karena Ubuntu server LTS sudah merupakan paket lengkap server, diantaranyawed server dan DNS server yang pastinya dibutuhkan dalam mata kuliah berbau PHP.

Desktop grafis user interface atau GUI-nya penulis memilih XFCE yang lumayan ringan dibanding beberapa user interface terkenal lain karena penulis juga pakai netbook intel atom dengan Ubuntu 14.04 XFCE ternyata kuat Bro. Jadilah Xubuntu Server nancep di netbook jadul dengan nyaman dan tidak beralih.

pilih distro linux server, linux server untuk anak informatika, linux untuk anak ti, linux untuk anak it, ubuntu server, gui untuk server, distro linux yang cocok


Selain itu XFCE rilis terbaru (2015) tampilannya sudah ciamik, tidak lagi jadul dan elegan-nya tidak diragukan lagi.

Pengalaman penulis saat instalasi, dengan netbook intel atom, usb installer, connect internet via Lan ke modem spidol itu membutuhkan waktu sekitar kurang dari 24 jam karena ternyata langsung download banyak paket pelengkap. Belum terhitung waktu yang penulis habiskan untuk beberapa percobaan gagal sebelumnya. Hampir seminggu pengguna Ubuntu newbie ini utak-atik laptop intel atom dengan installer USB.

Alhamdulillah ya, sekarang sudah pakai software yang halal dan legal semua ini laptop. Terbayar sudah pusing seminggu itu. Ayo gunakan Linux!

Tidak ada komentar: